Cek status sinkronisasi Resilio

Di era Work From Home ( WFH ) sekarang ini tools sinkronisasi data seperti Resilio, Syncthing, atau Dropbox dan google Drive menjadi sangat penting. Didalam tutorial ini saya akan berbagi bagaimana cara kita tahu bahwa Resilio kita bekerja dengan benar atau tidak.

  • Buka Resilio di taskbar (kanan bawah )
Apabila ada up-down berjalan, bisa dipastikan bahwa resilio kamu masih berjalan. Tapi apabila tidak, bisa di double klik untuk membuka window resilio.


  • Cek Status di program Resilio.
Ada beberapa yang bisa dicek di status ini yaitu

    1. Cek persentase
      Persentase menggambarkan berapa persen data telah sync dengan data yang ada di lokal kalian.
    2. Cek di peers online (di sebelah kanan shared folder)
      Peers online bisa di klik di kanan shared folder. Disitu akan tampak apakah komputer yang berbagi file sedang online atau tidak. Jika tidak bisa jadi koneksimu putus/resilio error, atau komputer lain yang error. Solusinya adalah restart PC.
       
    3. Cek di detailed status (kanan bawah)
      Silakan di klik di kanan bawah icon detailed untuk memunculkan.
      Di detailed status ada dua. Yang pertama dalam bentuk grafik upload download. Tetapi apabila kita tidak melihat disitu kemungkinan transfer data kita menggunakan relay server. Kamu bisa klik icon satunya untuk melihat komputer yang sedang aktif berbagi data. Apabila disitu terlihat ada komputer sedang berbagi, dan terlihat traffic nya artinya koneksi dan resilio kamu aman.
Selamat bekerja dari rumah. Tetap sehat, tetap semangat.

Cek tutorial dalam video :





Comments