Blender Eevee Rendering vs Internal Render


Blender Eevee Rendering VS Internal Render VS Blender Cycle. Mana yang lebih cepat ?


Baru baru ini saya perlu membuka ulang file Uwa and Friends saya, dan merender beberapa shot karena ada missing frames. Tetapi ketika saya mencoba merender dengan laptop saya , membutuhkan 3-4 menit untuk satu frame nya. Cukup cepat ? hmm. Tapi mengingat saya membutuhkan laptop untuk bekerja, sepertinya saya tidak bisa merelakan waktu 2 hari hanya untuk render.

Opsi pertama terlintas adalah menyewa renderfarm. Tetapi setelah mengkalkulasi budget, dibutuhkan sekitar 500 ribu untuk 1 shot. Seorang teman kemudian merekmondeasikan untuk menggunakan fitur Eevee renderer bawaan baru dari Blender 2.8. Dan saya pun mencobanya.

Setelah melalu beberapa setting mengganti material ke node based/cycle,, akhirnya saya bisa merender 1 frame utuh. Dan tebak berapa durasi waktu render? 3 detik. ya. 3 detik vs 4 menit.

Walau secara visual ada sedikit perbedaan, tetapi secara garis besar saya rela menganti semua setting demi mendapatkan waktu yang super jauh lebih cepat.

Jadi Blender Eevee Rendering VS internal Render vs Cycle ? Saya pilih Eevee.
ps : visual bisa dilihat di screenshot diatas.

Comments