Work From Home ( WFH ) , Bekerja dari rumah.


Work From Home ( WFH ) / Bekerja Dari Rumah


Di era pandemi COVID19 seperti sekarang ini, kebanyakan kantor sudah memulai menutup aktivitas kantornya, dan meminta staff untuk bekerja dari rumah. Lalu, bagaimana sebenarnya bekerja dari rumah itu dan apa saja yang dibutuhkan ? Bagaimana mengatur arus data, aktivitas dan pekerjaan staf? Saya mencoba berbagi yang saya tahu dan saya terapkan di kantor kami disini.

Work From Home ( WFH )
Beberapa orang mencampur adukkan konsep WFH dengan Freelance. Walaupun tampak mirip, sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar antara WFH dengan Freelance. Pada dasarnya Work From Home menuntuk kita untuk selalu available di jam kerja sesuai jam kerja kantor.

Siapa saja yang bisa ?
Pertanyaan mendasar adalah siapa saja yang bisa bekerja dari rumah ? Pastinya semua staff yang bisa mengerjakan assignment mereka tanpa mengharuskan mereka berada di tempat kerja. Apa sih yang mengharuskan kita bekerja di tempat kerja ? Contoh paling simple adalah Cleaning Services. Karena bagaimanapun pekerjaannya berhubungan dengan tempat bekerjanya. Sedangkan untuk pekerjaan seperti Customer Services, Akuntan, sampai ke Digital Artist semestinya bisa melakukannya dirumah, tentunya dengan didukung sistem dan peralatan yang cukup.

Tulisan ini lebih merujuk ke staff yang WFH sebagai orang yang sering di belakang layar, animator atau digital artist misalnya.

Infrastruktur
Untuk dapat bekerja dari rumah dengan lancar, tentunya dibutuhkan beberapa persyaratan.

  1. Koneksi internet yang stabil
    Kebutuhan internet menjadi hal yang sangat penting disini. Karena ini jadi sumber utama komunikasi. Entah itu komunikasi personal atau data. Jadi bisa dibilang wajib ada. Kecepatan disarankan adalah 10Mb/s atau lebih. Yang paling penting adalah stabil
  2. Listrik yang stabil
    Listrik juga jadi salah satu hal yang wajib. Karena kita bekerja menggunakan PC/Laptop kita tidak bisa bekerja tanpa listrik. Stabil sangat disarankan agar tidak merusak alat kerja kita. Penggunaan daya PC grafis sekitar 300 Watt, sedangkan untuk laptop bisa cuma separuhnya.
  3. Ruang bebas rokok, disarankan ber AC
    Karena kita bekerja dengan alat elektronik, tanpa rokok sangat diperlukan. AC lebih baik agar bisa bekerja dengan maksimal dan awet.

Hardware
Peralatan yang dibutuhkan tentunya tergantung pekerjaan yang dikerjakan

  1. PC/Laptop
    Entah PC atau Laptop, atau bahkan Handphone/tablet semuanya amat tergantung dengan kebutuhan pekerjaan kita. Silakan konsultasikan dengan IT kantor masing masing tentang kebutuhan pekerjaan kalian
  2. UPS/Stabilizer
    Ini adalah alat pendukung apabila listrik dirumah kamu tidak stabil, atau bahkan sering mati. 
  3. Mic/Headset
    Satu satunya komunikasi yang praktis di era WFH selain chat adalah Confrence call/meeting. Bagaimanapun tatap muka tidak bisa digantikan oleh chat. Banyak informasi yang lebih cepat dan tepat disampaikan lewat confrence call. oleh karena itu wajib bagi kita menyediakan minimal headset yang memadai untuk keperluan ini.
Software/Tools
Ini adalah bagian paling penting dalam sistem WFH. Karena apabila tanpa tools ini, kita tidak dapat mengetahui perkembangan pekerjaan, tracking, dan komunikasi.

  1. Sync Software
    Yang perlu disiapkan disini adalah software/tools untuk mensinkronisasikan data kita di lokal/komputer/laptop kita dengan data yang ada di kantor. Banyak opsi yang dapat digunakan disini.
    • Resilio https://www.resilio.com/individuals/
      Resilio adalah software sync peer to peer, yang artinya dia akan menyamakan isi folder/data komputer satu dengan komputer lain. Ini sangat bermanfaat untuk menyamakan komputer anda dengan komputer kantor/server. Software ini tersedia gratis dengan fitur yang cukup lengkap.
    • Dropbox https://www.dropbox.com/downloading
      Dropbox disini berguna untuk transfer data antar staff/user. Dengan adanya dropbox kita tidak perlu saling kirim file melalui email. Dropbox juga dapat berfungsi seperti resilio dengan setting yang tepat.
    • Google Drive https://drive.google.com/
      Google drive juga berfungsi sama seperti dropbox.keunggulannya adalah terintegrasi dengan layanan Google.
  2. Time Tracker/ Activity Tracker
    Yang selanjutnya adalah reporting. Cara kantor tahu bahwa staff bekerja satu satunya melalui tracker. Tracking software ini berguna untuk melaporkan aktivitas kita ke kantor pusat. Ada berbagai macam jenisnya dan detail fungsinya.
    • Clockify https://clockify.me/windows-time-tracking
      Clockify adalah software tracking gratis yang sangat powerfull. Kita bisa mengeset project, durasi project, dan yang perlu dilakukan staff hanya clock in dan clock out. Kita tau berapa waktu dihabiskan untuk project tertentu. Pastinya sangat memudahkan kita untuk kontrol dan planing.
    • ActiveTrack https://activtrak.com/pricing/
      Active track lebih advance lagi, karena memiliki fitur tracking aplikasi apa saja yang digunakan, screenshot, dan productivity tracker. Hanya saja untuk menggunakan lebih dari 3 orang kita perlu berlangganan.
    • Google Sheet/Google Form https://docs.google.com/spreadsheet
      Google Sheet sebenarnya sangat powerfull. Dengan kombinasi dengan google form, kita bisa melakukan tracking tentang apa saya yang kita lakukan dalam hari ini.
  3. Remote Desktop Software
    Dalam bekerja remote, pastinya kita membutuhkan software remote desktop. Fungsi software ini adalah mengakses komputer lain, atau sebaliknya, membiarkan IT dari kantor anda mengakses komputer anda. Hal ini akan sangat berguna apabila membutuhkan troubleshoot yang tidak membutuhkan kehadiran IT dirumah kamu.
    • Anydesk https://anydesk.com/en/downloads/windows
    • Team Viewer
    • VNC
  4. Tele Conference /Meeting Apps
    Untuk menggantikan tatap muka langsung diperlukan software tele conference. Yang memungkinkan kita untuk mengadakan virtual meeting, dengan tatap wajah. Ada beberapa opsi untuk aplikasi itu
    • Zoom https://zoom.us/support/download
    • Google Hangout
    • Skype
  5. Chating Apps
    Chating tentunya diperlukan karena kita bisa melacak status terakhir, informasi terakhir, atau data data yang pernah dikirimkan sebelumnya terkait pekerjaan. Informasi atau pengumuman juga akan dsisampaikan melalui platform ini
    • Telegram https://desktop.telegram.org/
    • Slack
    • Hangout

Akhir kata, dimanapun kalian bekerja, bekerjalah secara profesional, dengan manajemen waktu yang proper, sehingga tidak ada bedanya apakah kita bekerja dari rumah atau di kantor. Tetap produktif, dan tetap sehat. Salam



Comments